Kominfo Gelar Rapat Integrasi Sistem Teknologi

0
159

BUTONNEWS: KENDARI-Dinas Komimfo Prov. Sultra menyelenggarakan Rapat DISTI bersama seluruh Kepala Dinas Kominfo se Sulawesi Tenggara bertempat di Ruang Command Center Dinas Kominfo Sultra, 28 Januari 2022.

Pemanfaatan teknologi informasi di era 4.0 (four pint zero) ini memungkinkan peran Diskominfo di daerah dapat melaksanakan secara maksimal dan konferehensif serta terukur dalam mengelola teknologi informasi berbasis komputer, untuk itu melalui rapat ini diskominfo bisa seiring sejalan dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan mengedepankan koordinasi lintas sektor.

Kemudian, Kadis Kominfo Sultra menunjukkan aplikasi SIMDATA BUKA INFO dibagun saat PIM II yang telah terintegrasi pada 18 OPD serta menjelaskan alur program dan konten yang terakomodir didalamnya.

Berkenaan dengan itu, Kepala Dinas Kominfo Prov. Sultra menginformasikan bahwa pemanfaatan tanda tangan elektronik telah terintegrasi dengan aplikasi e-office, yang memungkinkan lebih mudah dalam memperpendek jalur surat dinas pada distribusinya dan persetujuan serta disposisi.

Selain itu, SPBE (sistim pemerintahan berbasis elektronik) sejak di launchingnya oleh pemerintah pusat, maka pemerintah daerah sudah harus melaksanakan sistem tersebut sebagai tantangan menghadapi era 4.0 yang keseluruhan kegiatan-kegiatan dilaksanakan secara elektronik. Hal ini, merupakan tantangan yang dihadapi daerah untuk suka atau tidak suka harus melaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah juga menyampaikan bahwa Fiber Optic (FO) yang telah disediakan pemerintah pusat, agar daerah dapat memanfaatkannya untuk menunjang pelaksanaan SPBE sehingga terlaksana dengan baik dan termanfaatkan dengan maksimal pada tugas-tugas pemerintahan.

Yang menjadi harapan besar Diskominfo Sultra adalah dengan terbangunnya sistim informasi pemerintqhan daerah terintegrasi, dapat mendukung kemudahan dan keterbukaan informasi publik serta menyukseskan visi ketiga yakni membangun pemerintahan modern dan good village goverment di 17 kab/kotw di Sultra.(hfz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini