Plt Wali Kota Pimpin Pemberian Vitamin A pada Balita

0
177

BUTONNEWS.COM: BAUBAU-Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Senin (7/2/2022) melakukan peninjauan pada pelaksanaan pemberian Vitamin A terhadap Balita di Lorong Casper, Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau.

Kepada sejumlah media La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pemberian Vitamin A tersebut ialah untuk meningkatkan ketahanan tubuh pada anak usia Balita. Yang mana, hal tersebut dapat mencegah anak dari kebutaan dini dan mengurangi tingkat infeksi.

“Anak-anak yang sudah diberikan Vitamin A ini dapat terhindar dari infeksi, misalnya infeksi saluran pernapasan (Ispa), Diare, dan Campak. Di mana, ini diberikan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Agustus,” ujar La Ode Ahmad Monianse.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini juga mengungkapkan, yang menjadi perhatian pemerintah Kota Baubau saat ini selain Covid-19 adalah masalah Stunting. Pasalnya, secara Nasional, Kota Baubau telah ditetapkan sebagai Locus untuk masalah Stunting tersebut.

“Inilah yang menjadi perhatian kita, karena anak yang kena Stunting ini sebenarnya, lebih dari setengah kapasitas hidupnya telah menurun. Jadi anak yang kena Stunting tidak bisa tumbuh secara optimal, baik pertumbuhan fisik, mental, maupun pertumbuhan otak,” tuturnya.

Untuk itu La Ode Ahmad Monianse berharap, agar kader-kader Posyandu selalu aktif dan dapat menjangkau seluruh keluarga yang mempunyai balita. Pihaknya juga berharap, agar kader Posyandu tersebut dapat diperkuat oleh jajaran Tim Penggerak PKK di masing-masing jenjang.

Selain itu La Ode Ahmad Monianse juga berharap, agar melalui Posyandu, para kader juga turut mengampanyekan program Vaksinasi untuk anak usia 6-11 Tahun. Di mana, para kader Posyandu dapat menghimbau para ibu-ibu yang mempunyai anak usia 6-11 Tahun untuk ikut vaksin.

“Memang anak umur 6 sampai 11 Tahun itu bukan lagi wilayah posyandu, tapi diharapkan kader-kader posyandu yang ada ini bisa memanfaatkan momen posyandu, untuk memberikan himbauan kepada ibu-ibu yang mempunyai anak usia 6 sampai 11 Tahun itu agar anaknya divaksin,” pungkasnya.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini