Budiman Dilantik jadi Sekda, Ini Kata Arusani

0
247

BUTONNEWS.COM: BATAUGA-La Ode Budiman dikukuhkan dan dilantik menjadi Sekretaris Daerah Buton Selatan menggantikan La Siambo yang pensiun. Pengambilan sumpah jendral ASN ini dipimpin Bupati Busel La Ode Arusani, di aula gedung wisata Batauga kompleks Rujab Bupati, Senin (22/2/2022) sekitar pukul 16.00 Wita

La Ode Budiman mencatat sejarah menjadi Sekda termuda di Busel. Ia juga menjadi Sekda devenitif ketiga sejak Busel mekar dari Buton 2014 lalu. Sekda pertama devenitif Busel Zakir, kedua La Siambo.

Laode Budiman beberapa jabatan eselon II sudah dijabat meski berlangsung singkat. Diantaranya Asisten, Kepala Bappeda, kemudian Kepala Dinas Kesehatan. Di Dinkes ia terbilang cukup lama.

Ia masuk tiga besar bersama La Ode Muharram, La Ode Karman. Bupati Arusani dari tiga nama memilih La Ode Budiman untuk jadi Sekda Busel.

Dalam sambutanya, Bupati Busel La Ode Arusani mengatakan, pengisian jabatan itu telah melewati proses yang panjang dan sistematis, sesuai ketentuan yang berlaku.

Ia bilang ini bagian tindak lanjut dari hasil seleksi terbuka uji potensi dan kompetensi calon Sekda yang digelar oleh panitia seleksi. Dimana, dari sejumlah nama yang mengikuti seleksi melahirkan tiga nama untuk kemudian ditetapkan satu nama untuk diusulkan mendapat rekomendasi.

Kata Arusani, proses pengisian jabatan Sekda Busel merujuk pada undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan termuat didalamnya tentang pengisian jabatan tinggi Pratama termasuk Sekda yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif.

Ia menjelaskan, Sekda merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pemerintahan dalam menunjang kerja-kerja kepala daerah untuk menyukseskan visi misi. Apalagi Sekda adalah ketua tim anggaran pemerintah daerah yang membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

“Dengan hadirnya Sekda definitif saya berharap dapat memperkuat jalannya roda pemerintahan, sehingga pelayanan terhadap masyarakat lebih baik lagi demi Buton Selatan yang lebih maju, sejahtera dan berdaya saing, ” tuturnya.

Ia juga berharap Sekda yang dilantik harus pandai-pandai berkomunikasi baik itu bersama forkopimda bahkan dengan pejabat- pejabat lingkup Pemkab Busel lainnya. Apalagi dalam waktu dekat akan hadir pelaksana jabatan Bupati pasca saya berakhir dibulan Mei mendatang. Jadi jaga dan rawat kerbersamaan ini agar Busel lebih baik lagi.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini