138 CPNS Ikut Latsar, Gubernur : Membentuk PNS Berahlak

0
174
Gubernur Sultra Ali Mazi membuka pelatihan dasar 138 CPNS. IST

BUTONNEWS.COM: KENDARI–Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membuka acara Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra tahun 2022, di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (19 April 2022).

Sebanyak 138 Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) Golongan III dan II, angkatan pertama tahun 2022 lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS.

Latsar tersebut akan dimulai pada 18 April hingga 22 Juni 2022, yang bertempat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sultra.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan sumber daya manusia yang handal untuk menunjang jalannya kegiatan pemerintahan.

“Pegawai negeri sipil sebagai aparatur pemerintah memiliki peran yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan negara. Pelatihan dasar CPNS merupakan media awal pembinaan untuk membentuk PNS yang ‘berakhlak’, kata Gubernur dilansir Dinas Kominfo Sultra.

Berakhlak merupakan akronim dari “berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif”. Sebagai pelayan publik bagi masyarakat, kata Gubernur, PNS juga dituntut mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seorang PNS harus mempunyai core value dan employed branding, yakni Bangga Melayani Bangsa,” lanjutnya.

Latsar CPNS dilaksanakan secara khusus untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional, mampu menunjukan sikap disiplin, dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan.

Selain itu, peran PNS dalam kerangka NKRI dan menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini