Wali Kota Inginkan Baubau Pusat Kawasan Pendidikan

0
174
Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama sejumlah pemateri dan peserta pelatihan.

BUTONNEWS.COM : BAUBAU-Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse berkeinginan agar Kota Baubau menjadi pusat pendidikan di kawasan ini. Sehingga dengan demikian akan menjadi contoh konkrit bagaimana membangun sumber daya manusia dengan sumber daya yang mumpuni serta dengan dukungan dari salah satu organisasi penggerak seperti yang dipimpin oleh Dr. Kamaluddin Zamani yang telah berkolaborasi dengan Pemkot Baubau dalam sebuah program.

Hal itu dikatakan melalui sambutannya, saat menghadiri dan membuka dengan resmi kegiatan Program Organisasi Penggerak, Sosialisasi dan Implementasi Program kepada Kepala Sekolah dan Dinas Terkait, serta Pengembangan Profesionalisme Kepala Sekolah dan Guru melalui program terpadu Dual-Kijang Numerater Sekolah Dasar di Kota Baubau, yang diselenggarakan di Hotel Zenit Premier Baubau, Sabtu (7/5/2022).

La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, organisasi penggerak akan terseleksi sampai dengan titik terkecil sekalipun maka komunitas ini tetap menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional. Namun semua ini hanya bisa dilakukan kalau semua bisa berkolaborasi bekerja dengan kuat, saling mendukung. Sebab, tidak bisa dipungkiri pihaknya membutuhkan organisasi-organisasi luar yang menggerakkan karena dari praktek-praktek baik yang ada di tempat-tempat tertentu maupun praktek-praktek yang baik yang sudah dipraktekkan oleh para ahli dan para narasumber ini akan selalu dishare.

La Ode Ahmad Monianse percaya kepada kepala-kepala sekolah juga punya paktek-praktek lain yang selama ini mungkin tidak tercatat dan tertulis tetapi itu dipraktekkan dan dilihat hasilnya. Itu juga diungkapkan agar bisa saling melengkapi, saling belajar sehingga benar benar dalam komunitas yang tergabung dalam program organisasi berkontribusi positif buat perbaikan pendidikan di Kota Baubau.

“Semangat dari organisasi , rohnya itu adalah bagaimana membangun kolaborasi itu , bagaimana membangun kegotongroyongan, bagaimana membangun kerjasama diantara kita dan dengan semangat kerjasama itu didalam organisasi ini sehingga organisasi ini tidak terputus,”ungkapnya dilansir Kominfo Baubau.

Ditambahkan, Pemkot Baubau akan terus memberikan dukungan kebijakan.Karena alm Dr H AS Tamrin, MH pada saat menetapkan visi besarnya membangun Kota Baubau untuk periode 2018-2024 salah satu pilar yang dipilih adalah pilar sumber daya manusia. Dan ini tidak hanya sekedar dibicarakan tetapi harus dilakukan dimana salah satu cara untuk melakukan itu dengan gerakan-gerakan seperti ini bagaimana me set up ulang sistem pendidikan, sehingga hasil dari pendidikan Kota Baubau itu terconnect dengan kebutuhan masa depan, jangan sampai memproduksi anak-anak yang gagal produksi yang tidak terpakai di masa depannya. Apalagi, Pemkot Baubau berupaya bagaimana anak-anak Baubau diangkat pada titik orbitnya seperti kata para ahli satelit kalau suatu benda berada dititik orbitnya maka kemungkinan jatuhnya kecil dan dia akan bergerak sesuai dengan ritme gravitasi sehingga kemungkinan untuk terus bergerak.

Pemkot Baubau kata Monianse, sangat berharap konsistensi di dalam menetapkan sebuah program apalagi pilihannya adalah numerasi dan literasi sebab ini paduan yang tidak bisa dipungkiri. Pasalnya, akan membentuk karakter dan anak- anak yang bermasalah dengan literasi dan numerasi akan menjadi anak-anak yang terbata, minder bisa dipastikan. Anak anak yang kemampuan literasinya dan numerasinya rendah pasti dia tidak punya kepercayaan diri dan orang orang yang tidak punya kepercayaan diri tidak punya masa depan. Karena itu, tidak bisa berharap orang orang seperti itu akan menjadi produk/project besar bangsa ini.

“Hari ini menjadi bagian dari proyek besar ini mudah mudahan ditangani oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik, sehingga saya percaya atas kawalan teman teman yang tergabung dalam komunitas pemerhati budaya buton ini, maka program besar untuk membuat sebuah perubahan besar di sistem pendidikan kita itu kita akan capai. Berarti kita sudah meletakan pondasi yang kuat buat generasi kita yang generas unggul dimasa depan sehingga kalau boleh saya punya cita cita sebenarnya dan ini tidak bisa saya wujudkan kalau tidak ada dukungan dari kita semua.” tutupnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini