Disukai 86.157, Pantai Lakadao Juara I Lomba Promosi Desa Wisata

0
216
Pj Bupati Busel La Ode Budiman bersama jajaranya dan Pemdes Burangasi usai menerima penghargaan. Foto Istimewa

BUTONNEWS.COM: JAKARTA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada 10 Desa Wisata sebagai pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022.

Lomba yang berhadiah total 1 Milyar itu diikuti oleh 1.407 Desa Wisata yang dikelola BUM Desa dan BUM Desa Bersama dan telah masuk dalam aplikasi Desa Wisata Nusantara.

Selamat kepada 10 Desa Wisata Pemenang. Lomba ini untuk memperkenalkan potensi wisata desa-desa kita. Dan bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing,” ujarnya.

Pantai Lakadao, Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan  berhasil meraih juara 1 mengalahkan 1.407 desa  pada lomba promosi Desa Wisata Nusantara periode Januari-Juni 2022 di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin memberikan secara langsung piagam penghargaan atas dedikasi dan komitmen Kabupaten Buton Selatan dalam mendukung program pengembangan Desa Wisata tahun 2022 pada Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM, M.MKes

Sedangkan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Abdul Halim Iskandar memberikan secara langsung piagam penghargaan juara satu lomba promosi Desa Wisata Nusantara dan hadiah uang tunai sebesar Rp 50 Juta pada Kepala Desa Burangasi, La Hamiru.

PJ Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, SKM, M.MKes mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  yang telah mempercayakan penghargaan tersebut pada Kabupaten Buton Selatan.

PJ Bupati Buton Selatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan selama masa penilaian.

Semoga  penghargaan yang didapat ini dapat  memberikan dorongan untuk terus mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Buton Selatan, ” harapnya.

Seperti diketahui, lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022 yang berhadiah total 1 milyar digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama tumbuh dan bangkit pasca pandemi.

Pantai Lakadao awalnya hanya dijadikan tempat persinggahan para nelayan tradisional untuk beristirahat. Pantai ini jauh dari pemukiman warga. Memiliki tebing yang curam. Letaknya antara Desa Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton dan Desa Burangasi Kecamatan Lapandewa, Buton Selatan.

Pantai ini sangat eksotik dan menantang adrenalin, pengunjung akan disungguhkan desiran ombak, menyaksikan matahari terbit, memiliki pasir putih, air laut yang bening, dan kaya akan terumbu karang. Untuk menuju pantai ini sudah difasilitasi kapal speed boad yang difasilitasi BUMDes Burangasi. Pantai ini sangat cocok pilihan destinasi wisata keluarga serta wisata pribadi. Sejumlah fasilitas pendukung sudah dibangun.

Kriteria pemenang adalah 10 Desa Wisata yang berhasil mendapat like alias tanda jempol terbanyak dari pengunjung atau wisatawan melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di android dan IoS.

Adapun 10 pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022, sebagai berikut:

Dari 10 desa pemenang. Pantai Lakadao Desa Burangasi yang paling banyak disukai atau like melalui aplikasi desa wisata.

1. Pantai Lakadao, Desa Burangasi, Lapandewa, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara disukai melalui aplikasi desa wisata sebanyak 86.157

2. Taman Wisata Bukit Punjabu, Desa Buntu Buanging, Pitu Riase, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan 65.401

3. Wisata Mangrove Kedatim, Desa Kebundadap Timur, Saronggi, Sumenep, Jawa Timur disukai 40.640

4. Bayang Aia, Desa Pauah, Lubuk Sikaping, Pasaman Sumatera Barat disukai 23.289

5. Kawasan Wisata Equator Bonjol, Desa Ganggo Mudiak, Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat disukai 20.915

6. Taman Wisata Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, Tanta, Tabalong, Kalimantan Selatan disukai 19.200

7. Puncak Koto Panjang, Desa Lansek Kadok, Rao Selatan, Pasaman, Sumatera Barat disukai 18.351

8. Benteng Bukit Tajadi, Desa Ganggo Hilia, Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat disukai 13.974

9. Teba Majalangu, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali disukai 10.902

10. Jembatan Surau Lamo, Desa Jambak, Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera BaratBarat. Dengan like 9.055

Sebelumnya, Kabupaten Buton Selatan juga meraih juara tiga pada ajang Anugerah Pesona Indonesia API Awards dengan kategori Destinasi Wisata Kreatif Terbaik API Award 2021. Piagam serta pialah diterima langsung Bupati Busel, H. La Ode Arusani didampingi Kepala Desa (Kades) Wawoangi, La Ode Abdul Halim, pada 30 November 2021 lalu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.(rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini