Laju Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 2,92 Persen, Budiman : Busel Tangguh, Ekonomi Bangit

0
320
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman bersama Ketua DPRD Busel La Ode Armada dan sejumlah kepala OPD lingkup Busel. (Foto Istimewa)

BUTONNEWS.COM: BATAUGA–Pemerintah Kabupaten Buton Selatan mengklaim laju pertumbuhan ekonomi meningkat 2,92 persen tahun 2021 setelah keluar dari pandemi Covid-19.

Sebagaimana diungkapkan Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman dalam sidang paripurna istimewa peringatan HUT ke 8 Busel di aula gedung wisata Rujab Bupati, Jumat (22/7/2022).

La Ode Budiman menguraikan kondisi perekonomian Buton Selatan berdasarkan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terlihat laju pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 2,92 persen pada tahun 2021.

Menurutnya, angka itu sejalan dengan peningkatan kemampuan sumber daya ekonomi daerah. PDRB Busel pada tahun 2022 dan 2023 diperkirakan akan meningkat.

Alasannya, karena secara umum sektor yang cukup dominan dalam PDRB Buton Selatan yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 33,56 persen, sektor pertambangan dan penggalian sebesar 24,12 persen, dan sektor industri pengolahan sebesar 3,60 persen.

“Potensi ini menjadi modal penting bagi daerah demi mencapai kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia mengaku, sebagai putra putri yang menginginkan kemajuan. Tentunya semangat memperingati Hari Jadi ke-8 Kabupaten Buton Selatan kita wujudkan dengan upaya bergerak maju. Melanjutkan pembangunan menuju kesejahteraan. Membangun ekonomi yang kuat dan berkeadilan. Mewujudkan Kabupaten Buton Selatan yang kondusif dengan perekonomian yang maju.

Maka dari itu sambung dia, arah kebijakan pembangunan sebagaimana tertuang pada rencana pembangunan daerah. Juga senantiasa diarahkan untuk pencapaian tujuan dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

“Sebab, ini sebagai modal penting dalam pembangunan dan menjadi hal yang diutamakan oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, ” ujarnya.

Pembentukan Kabupaten Buton Selatan berdasarkan terbitnya Undang-undang Nomor 16 Tahun 2014 pada tanggal 23 Juli 2014. Hari Jadi ke-8 ini Pemkab Buton Selatan mengusung tema “Buton Selatan Tangguh, Ekonomi Bangkit.(rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini