200 Sertifikat Tanah Masyarakat Siompu Diserahkan

0
149
Pj Bupati Busel La Ode Budiman menyerahkan sertifikat lahan milik salah satu warga Kecamatan Siompu. IST

BUTONNEWS.COM: BATAUGA-Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman didampingi Kepala BPN Buton Selatan Mateus Joko Slameto  menyerahkan 200  dokumen kepemilikan lahan masyarakat Kecamatan Siompu, Rabu 16 November 2022

PJ Bupati Busel La Ode Budiman mengatakan, hingga November tahun ini BPN  telah menuntaskan 3.181 sertifikat tanah masyarakat. Ini merupakan wujud sinergitas BPN Buton Selatan dengan pemerintah kabupaten Buton Selatan untuk menuntaskan pensertifikatan lahan milik masyarakat yang ada di tujuh kecamatan.

“Sertikat tanah itu sangat penting sebagai pegangan masyarakat sehingga tidak ada lagi saling klaim. Oleh karena itu, jika masih ada lahan masyarakat yang belum disertifikatkan agar didaftarkan pada program selanjutnya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika selama ini terjadi saling klaim lahan, hal itu karena tidak adanya bukti konkret yang sah secara hukum yang menjadi pegangan masyarakat. Dan kondisi ini terjadi dimana-mana.

Oleh karena itu, PJ Bupati kembali mengajak masyarakat Buton Selatan  agar memanfaatkan program pensertifikatan lahan ini, terlebih tahun 2023 mendatang pensertifikatan lahan masyarakat akan dilakukan secara online.

“Apa yang menjadi kendala, (masyarakat) bisa menyampaikan langsung melalui Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan maupun Dinas Perumahan untuk ditindaklanjuti ke Badan Pertanahan,” tambahnya.(rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini