Baruga Adat Desa Lawela Diresmikan

0
157
Masyarakat adat Lawela saat menyambut kedatangan Pj Bupati Busel La Ode Budiman. Foto istimewa

BUTONNEWS. COM: BATAUGAPelestarian budaya dan adat istiadat masyarakat menjadi salah satu fokus perhatian Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman SKM.,M.MKes. Hal itu ditunjukkan saat menghadiri tradisi budaya Haroano Fekantalea Matano Oe Lakuloso sekaligus meresmikan Baruga Adat Desa Lawela, Sabtu 24 Desember 2022.

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman SKM.,M.MKes, berharap besar peresmian Baruga Desa Lawela ini menjadi awal dan hidupnya tradisi masyarakat. Baruga diharapkan selalu menjadi tempat atau lokasi untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Bila ada masyarakat yang bersengketa, misalnya terkait tapal batas kintal, maka disaat tokoh adat melakukan mediasi di baruga maka pasti warga akan berkata jujur, tidak berani berdusta atau berbohong karena takut. Lain halnya bila mediasi dilaksanakan di kantor balai desa atau bangunan pemerintah lainnya,” katanya.

Hal itulah yang menunjukkan betapa kuatnya adat dan tradisi di tengah-tengah masyarakat yang memiliki perangkat adat dan baruga. Olehnya, dengan diresmikannya baruga ini bisa semakin menguatkan sinergi antara pemerintah desa, tokoh adat dan pemerintah kecamatan serta Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam membangun masyarakat Buton Selatan umumnya dan Desa Lawela pada khususnya.

“Mempertahankan tradisi serta budaya akan menjadi nilai jual tersendiri bagi Desa Lawela dibidang pariwisata khususnya dan dibidang sosiokultural masyarakat, karena mampu mempertahankan tradisi leluhur kita di masa lalu,” katanya dilansir Diskominfo.

Perlu diketahui, kehadiran Baruga Desa Lawela ini merupakan buah dari karya serta komitmen mantan Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani, didalam menghidupkan lembaga adat. Komitmen tersebut oleh Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman SKM.,M.MKes terus dilanjutkan dan dilestarikan, termasuk pemberian biaya makan minum untuk acara ritual adat di semua baruga di Kabupaten Buton Selatan, tak terkecuali di Baruga Adat Desa Lawela yang diserahkan saat peresmian lewat dinas pengampuh yaitu Dinas Kebudayaaan Kabupaten Buton Selatan. (rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini