Pj Bupati Buton Tinjau Potensi Tambang Pasir dan Wisata Air Panas

0
124

BUTONNEWS.COM : PASARWAJO–Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi melakukan kunjungan kerja secara marathon di Kecamatan Lasalimu. Dengan menggunakan motor trail, orang nomor satu di Buton itu menjelajahi medan yang cukup terjal dan berlumpur menyusuri Hutan Lawele di Kecamatan Lasalimu, Kamis, 16 Februari 2023.

Pj. Bupati Buton didampingi langsung Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, Asisten pemerintahan dan Kesra, Alimani, SSos, MSi, Kadis PUPR, M. Wahyuddin M, ST, M.Si, Kepala Dinas Pertanian, Ma’mul Djamal, SP,MSi, Kepala Dinas Pariwisata, Rusdi Nudi, SPd, MPd, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Salmin, Kabag Tapem, La Juara, SE, MSi, Sekdin Kominfo dan Persandian, Alimuddin Matu, SPd, MSi, Sekdin Kebudayaan, La Ode Zainal Abidin, SE,MSi, Camat Lasalimu, La Ode Zahaba, SHi, MSi, Kapolsek Lasalimu dan Pihak Pertanahan Kabupaten Buton.

Rombongan Pj. Bupati memulai perjalanan dari Desa Lawele menyusuri hutan Lambusango dan sungai menuju tambang pasir.

“Kita di sini untuk meninjau Tambang Pasir di lokasi HPL dan pengambilan titik koordinat, tepatnya di Dusun Wabou, Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu,” ujarnya.

Pj. Bupati mengatakan, pihaknya mengecek keberadaan posisi lahan yang sudah diturunkan statusnya dari hutan produksi terbatas menjadi HPL yang bisa digunakan oleh masyarakat, termasuk potensi pasir yang ada di dalam Hutan Lawele. Jadi ini adalah bagian dari pengecekan potensi alam di wilayah Kabupaten Buton

Karena saat ini di wilayah Kabupaten Buton maupun kota Baubau kesulitan untuk mendapatkan bahan baku bangunan dalam bentuk bahan pasir. Dengan adanya potensi ini akan memungkinkan investor untuk membuka lokasi pertambangan pasir sebagai bagian mengurangi kerusakan terumbu karang, disebabkan pengambilan pasir di laut dengan menggunakan alat mesin. Ini bisa menjadi salah satu alternatif pemanfaatan potensi alam di pulau Buton.

Di Kawasan itu juga, Basiran meninjau lokasi air panas yang mengandung belerang. Mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sultra itu, berada di lokasi sambil merasakan langsung hawa air panas yang mengalir di hutan Lawele.

Selanjutnya Pj. Bupati Buton bersama rombongan menyempatkan diri bertatap muka dengan masyarakat Dusun Wabou, sesaat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kamaru, ibukota Kecamatan Lasalimu.

Mantan Sekwan Bombana ini, kembali mengendarai trail menuju Kamaru. Pj. Bupati Buton di Kamaru, langsung menuju situs sejarah, Baana Meja yang berlokasi sekitar 300 meter dari perkampungan warga.

Perangkat adat Kamaru turut serta meninjau lokasi Baana Meja. Lawatan Pj. Bupati Buton dilanjutkan dengan meninjau PPI di Kamaru.

“Kami juga melakukan peninjauan situs budaya Ba’ana Meja, salah satu situs pada saat Kerajaan Kamaru berdiri dan itu sebelum adanya Kerajaan Buton. Semoga tim dari Dinas Kebudayaan bersama Tim Arkeolog akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait struktur batu yang dikenal dengan Baana Meja, setelah itu melakukan kunjungan di PPI Kamaru,” kata Pj. Bupati Buton.

“Alhamdulillah dari pagi siang sampai sekarang sore kata Pj. Bupati Buton dalam rangka kunjungan kerja di Kecamatan Lasalimu berakhir di lokasi PPI Kamaru. Wilayah ini sangat potensial untuk pengembangan perikanan baik dalam arti pengolahan ikan maupun industri pengolahannya,” katanya. (rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini