Genjot Pemanfaatan Aspal Buton, Pj Bupati Tindaklanjuti Instruksi Presiden ke Kementrian ESDM

0
136

BUTONNEWS. COM : JAKARTA–Dalam rangka percepatan hilirisasi aspal Buton sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Buton terus melakukan langkah-langkah kongkrit.

Pj. Bupati Drs. Basiran, M.Si bersama Kepala Dinas PUPR, Muh. Wahyudin M., ST., M.Si melakukan audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM RI, Ir. Rida Mulyana, M.Sc, Selasa siang, 28 Maret 2023 di Gedung Chaerul Saleh, Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Kedatangan orang nomor 1 di daerah penghasil aspal terbesar di dunia tersebut disambut hangat dan antusias oleh Sekjen ESDM RI didampingi staf khusus Prof. Irwandi Yusup.

“Saya Audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM karena Pak Menterinya tiba-tiba ada acara mendadak yang tidak bisa diwakilkan,” kata Mantan Kepala BPKAD Prov. Sultra.

Lebih lanjut, Pj. Bupati mengatakan dalam audiensi itu, hal yang disampaikan adalah Pemkab Buton meminta kepada Kementerian ESDM agar mendukung Hilirisasi Aspal Buton sebagaimana arahan. Instruksi Presiden dengan segala kewenangan yang dimiliki oleh Kementerian ESDM. Karena sejak kunjungan Presiden di Buton, Kementerian ESDM belum melakukan kunker ke Buton terkait Aspal Buton.

“Salah satu usulan saya kepada Pak Sekjen adalah agar Pihak Kementerian ESDM menurunkan Tim Geologi utk memastikan atau update potensi kandungan Aspal Buton dan memberikan info akurat terkait spesifikasi senyawa yang dimiliki Aspal Buton untuk menjadi info bagi pengembangan Aspal Buton serta menertibkan IUP yang ada termasuk bagaimana memberikan peran masyarakat lokasi tambang Aspal untuk mendapat IUP dalam bentuk Koperasi,” jelas Mantan Kepala Badan Kesbangpol Kaltara ini.

Yang disyukuri oleh Pj. Bupati Buton, hal tersebut mendapat tanggapan positif dari Sekjen Kementerian ESDM yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri ESDM.

Mantan Asisten I Sekprov. Sultra ini berharap kekayaan alam yang dikandung perut Bumi Buto berupa Aspal alam itu dapat mendatangkan rahmat dan kesejahteraan yang signifikan bagi masyarakat Buton.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini