Sanggar Seni Sungkua Buso : Hidupkan Kreatifitas Seni dan Budaya dari Sampolawa untuk Busel

0
198

BUTONNEWS. COM : BATAUGA–Sanggar Seni Yayasan Sungkua Buso Sampolawa patut diapresiasi dan menjadi contoh. Bagaimana tidak para generasi muda mempersembahkan kreatifitas seni dan budaya seperti yang dipersembahkan dipelataran Rujab Camat Sampolawa, Selasa (23/5/2023) malam tadi.

Kepala Dinas Kebudayaan,  La Ode Haerudin, S.Pd., M.Pd mewakili Pj. Bupati Buton Selatan membuka secara resmi Pagelaran Seni itu. Cukup meriah dan memukau penuh antusias warga setempat.

Kadis Kebudayaan Busel La Ode Haerudin, S.Pd., M.Pd menyatakan, Pemda dalam hal ini Bupati sangat mengapresiasi kegiatan pagelaran seni seperti yang dilakukan Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa.

Karena ujar dia, dengan kegiatan seperti ini dapat mengambil manfaat sebagai ajang hiburan. Sebagai media apresiasi terhadap karya seni dan budaya masa lalu. Edukasi kepada masyarakat lebih khusus kepada adik-adik generasi penerus yang tergabung dalam Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa.

Selain itu juga menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat. Pun dengan adanya kegiatan ini menjamur pedagang UMKM. Ekonomi hidup. Perputaran ekonomi juga ikut menggeliat.

Mantan Kasek SMAN 1 Sampolawa ini berharap kreativitas dan inovasi yang terus digali dan dikembangkan agar nilai-nilai budaya masa lalu terus lestari. Nilai seni masa kini terus berkembang. Kegiatan ini kolaborasi bersama antara DPRD Provinsi, Pemerintah Daerah Buton Selatan, Masyarakat Kecamatan Sampolawa dan Yayasan Sungkua Buso Sampolawa dapat mewujudkan Buton Selatan lebih maju, berkembang dan berdaya saing dengan potensi yang dimiliki.

Camat Samplawa La Ode Kusman, menyatakan pagelaran, seni ini sangat diapresiasi oleh pemerintah Kecamatan Sampolawa. Walaupun minim anggaran untuk melaksanaan kegiatan seperti ini namun dengan kebesaran hati dan jiwa serta semangat kebersamaan pelaksanaan pagelaran dapat dilaksanakan.

Tari-tarian yang disuguhkan sangat memikat dan spektakuler membuat para penonton tak bergeming menyaksikan tarian-tarian sangat memukau. Diantaranya tari Balumpa merupakan tarian yang disungguhkan untuk menyambut tamu yang dianggungkan dan dihormati.

Ditampilkan silat “Manca”. Warga sangat antusias menyaksikan Pagelaran Seni dan Budaya yang ditampilkan.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Suwandi Andi, S.Sos menyerahkan bantuan fasilitas pendukung Yayasan Sungkua Buso Sampolawa berupa 1 (satu) set komplit peralatan musik diantaranya Keyboard, Band Elektrik, Biola, Gitar. Dengan total bantuan lebih kurang Rp 125 juta. Bantuan ini diharapkan untuk mengembangkan potensi seni yang dimiliki Yayasan Sungkua Buso Sampolawa sehingga akan banyak melahirkan generasi seni yang unggul dimasa yang akan datang.

Hadir kegiatan ini Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Suwandi Andi, S.Sos, Sejumlah anggota DPRD Buton Selatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf, Kapolsek Sampolawa, Danramil Sampolawa atau yang mewakili, Camat Sampolawa, Para Kepala Desa se-Kecamatan Sampolawa, Sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMP/SD se-Kecamatan Sampolawa, Pendiri Yayasan dan Ketua Yayasan Sungkua Buso Sampolawa.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini