Pemkab Buton Kerjasama UHO Gelar Seminar HAKI

0
194

BUTONNEWS.COM : PASARWAJO– Globalisasi ekonomi adalah sebuah fenomena yang mendunia dan memasuki hampir seluruh aspek kehidupan manusia dalam sektor ekonomi. Globalisasi ekonomi membuka pasar internasional yang membuka peluang lebih besar bagi tiap negara untuk lebih berkembang. Hal itu disebabkan karena pasar global yang menyediakan akses yang lebih murah.

Hal itu dikatakan Pj. Bupati Buton, Drs,. Basiran, MSi melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Buton, Drs. La Ode Muhidin Mahmud ketika menyampaikan Seminar Hak Atas Intelektual UMKM Kecamatan Pasarwajo Kerjasama dengan Lembaga Peneltian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Halu Oleo, di Aula Bupati Buton Kompleks Perkantoran Takawa Rabu, 12 Juli 2023.

“Dengan menjadi bagian pasar global, sebuah negara akan menjadi bagian atas produksi internasiol dan rantai pasokan yang menjadi saluran utama perdagangan,” katanya.

Dikatakan upaya meningkatkan kesadaran UMKM terhadap perlindungan hak kekayaan intelektual, dan bagaimana modal tata kelola hak kekayaan intelektual yang profitable. Pelaku UMKM seringkali menjadi pendorong di balik inovasi semacam itu. Kapasitas inovatif dan kreatif namun tidak sepenuhnya di eksploitasi karena banyak UMKM yang tidak mengetahui sistem kekayaan intelektual atau perlindungan yang dapat diberikan untuk penemuan mereka dan desain.

“Padahal kesadaran pelaku usaha UMKM masih rendah mengenai HKI padahal dapat menjadi aset tak berwujud yang bernilai,” katanya.

Menurutnya kekuatan UMKM tidak saja bertumpu pada kekuatan modal melainkan kreativitas dan inovasi olehnya itu sangat perlu di lindungi.

“Menyadari akan pentingnya hak kekayaan intelektual bagi pelaku UMKM di seluruh Kabupaten Buton Maka pemerintah daerah dalam hal ini berharap dalam tugasnya masing masing sektor dapat di integrasikan sehingga para pelaku UMKM di Kabupaten Buton dapat mengurus merek dagangnya,” katanya.(rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini