Survei : Prabowo-Erick Dominasi Bursa Pilpres

0
388

BUTONNEWS.COM: JAKARTA – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas moncer di bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Berdasarkan temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI), dua sosok pemimpin ini memiliki elektabilitas tertinggi di masing–masing kategori.

Terekam, secara personal, Prabowo unggul dalam simulasi tiga nama capres LSI dengan elektabilitas sebesar 35,8 persen.

Ia mengungguli pesaingnya yakni Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas sebesar 32,2 persen dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bertengger di angka 21,4 persen.

“Prabowo paling banyak dipilih 35.8 persen, kemudian Ganjar 32.2 persen, dan Anies 21.4 persen. Sekitar 10.6 persen belum menentukan,” terang Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Kemudian di kategori cawapres versi LSI, Erick Thohir menjadi sosok pemimpin dengan elektabilitas tertinggi. Berdasarkan temuan lembaga besutan Djayadi Hanan tersebut, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam simulasi 7 nama cawapres.

Ia terekam mendapatkan elektabilitas tertinggi di angka 21,2 persen. Sedangkan di belakangnya terdapat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Di mana masing-masing mendapatkan elektabilitas sebesar 19,6 persen dan 17,5 persen. Dengan ini Erick Thohir menjadi cawapres pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menatap Pilpres 2024 mendatang.

“Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat,” terang Djayadi.

Dalam simulasi berpasangan pun, Prabowo–Erick Thohir saling menopang elektabilitas satu sama lain. Keduanya terekam unggul ketika berhadapan dengan pasangan lain yakni Ganjar – Ridwan Kamil dan Anies–Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam simulasi tersebut, Prabowo–Erick bertengger di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 34,8 persen. Di belakangnya terdapat pasangan Ganjar-Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 34,0 persen.

Sedangkan di urutan terakhir terdapat pasangan Anies–AHY dengan elektabilitas sebesar 19,7 persen.

“Prabowo-Erick Thohir 34,8 persen, Ganjar – Ridwan Kamil 34,0 persen, sementara Anies – AHY 19,7 persen. Sekitar 11,5 persen belum menunjukkan pilihannya,” pungkas Djayadi. (dil/jpnn)

Sumber : jpnn.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini