Pj. Bupati Buton Hadiri Peresmian Monumen Soekarno di Buton Selatan

0
264

BUTONNEWS. COM: BATAUGA–Pj. Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si., menghadiri peresmian Monumen Presiden Soekarno di simpang tujuh, Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Buton Selatan, pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Peresmian Monumen Soekarno tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI Ir. Hugua, Pj. Bupati Buton Selatan Laode Budiman, S.K.M., M.M.Kes.,Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara , Ketua DPRD Buton Selatan, Dandim Buton, Pj. Sekretaris Daerah Buton Selatan, Kepala BPS Buton, mantan Bupati Buton Selatan Arusani, dan para tokoh masyarakat.

Pj. Bupati Buton Selatan, Laode Budiman, S.K.M., M.M.Kes., berharap dengan diresmikannya monumen tersebut dapat memberikan gambaran bahwa Buton Selatan menjadi daerah penyanggah untuk pemekaran Provinsi Kepulauan Buton.

“Mudah-murahan pada hari ini Monumen Soekarno yang berdiri tegak di perbatasan antara Buton Selatan dan Kota Baubau karena konsep kedepannya ini adalah Buton Selatan sebagai penyanggah dalam pemekaran (Provinsi) Kepulauan Buton nantinya,”ucapnya.

Selanjutnya Ia menceritakan bahwa pembangunan monumen tersebut berdasarkan dengan cerita kedekatan Soekarno dengan bangsa Buton.

“Kenapa kita mendirikan Tugu Soekarno ada di Buton Selatan ini ceritanya salah satu guru Soekarno adalah Yarona Kamaru atau La Ode Muhammad Idris, sehingga memiliki kedekatan dan sesuai slogannya Buton Selatan Bangkit, Solid, dan Bersatupadu sesuai dengan perjuangan Bapak Soekarno untuk mempersatukan seluruh Nusantara,” ungkapnya.

Peresmian tersebut dilakukan oleh para pejabat yang hadir dengan memencet tombol sirine secara bersama-sama. Kemudian seluruh pejabat yang hadir melihat monumen tersebut selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama.

Sementara dalam keterangannya, Pj. Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si. mengatakan bahwa monumen tersebut akan menjadi kebanggaan masyarakat Buton karena hubungan Buton dengan Soekarno sangat erat dalam terciptanya Indonesia saat ini.

“Monumen ini sangat luar biasa dan akan menjadi kebanggaan masyarakat Buton di manapun berada karena keterkaitan antara Buton dengan Soekarno dalam sejarah perjuangan bangsa ini dimana Buton adalah wilayah kesultanan yang telah menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada Bung Karno untuk memperkuat Indonesia. Jadi Buton mempunyai makna yang luar biasa terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.(rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini