Atasi Inflasi Bersama, Pemkab Buton Teken MOU dengan Pemkab Bombana

0
212

BUTONNEWS. COM: RUMBIAPemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dan Pemkab Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah.

Penandatanganan MOU itu dilakukan dalam bentuk kerjasama Perdagangan Komoditas Unggulan antar daerah yang dilakukan di Baruga Rujab Bupati Bombana, Rumbia, kasipute Bombana, Selasa, 1 Agustus 2023.

Penandatnagan MOU dilakukan langsung Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi dan Pj. Bupati Bombana, Ir. H. Burhanuddin, MSi.

“Penandatanganan Kerjasama antara daerah adalah wajib dilakukan kepala daerah terkhusus penjabat kepala daerah dan sebelumnya Pemkab Buton telah melakukan penandatangan MOU Pemkab Konawe dan Buton Selatan. Penandatanganan kerjasama hari ini dengan Kabupaten Bombana merupakan kerjasama antara Kabupaten bukan antar kepala daerah dan ini harus tetap terjalin kedepannya,” ungkap Pj Bupati Buton.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Buton ini, saat ini Kabupaten Bombana memiliki komiditas unggulan dan seiring sejalan dengan Kabupaten Buton. Semoga dengan bangkitnya aspal Buton bisa berkembang menjadi lebih baik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pj. Bupati Bombana karena atas persetujuan beliau penandatanganan kerjasama hari ini bisa terlaksana karena ini masuk dalam penilaian kinerja penyelenggaraan penjabat daerah,” tutupnya.

Dikatakan, salah satu komiditas unggulan Bombana adalah beras. Bombana yang terletak didaratan Sulawesi tentu memiliki pasokan beras baik dari Konawe, Konsel atau dari Bombana sendiri dapat mendukung pasokan beras Buton.

Sebaliknya banyak komoditas unggulan dari Buton yang dikirim ke Bombana. Misalnya komoditas perikanan yang melimpah di Buton bisa dikirim di Bombana. Atau komoditas itu harganya lebih baik di Bombana bisa dikirm lewat bombana yang selama ini kebanyakan dikirim di Baubau.

“Selain itu MOU juga ini untuk mempererat hubungan antra daerah yang dulunya Bombana adalah pemekarandan Kabupaten Buton sehingga silaturahim tidak boleh terputus. Bombana juga memiliki komoditas gula aren khususnya di Kabaena, dan itu banyak dibutuhkan masyarakat Kabupaten Buton. Untuk itu Kerjasama antar daerah ini memungkinkan peningkatan ekonomi Masyarakat.

Basiran mengatakan terjadinya perdagangan antar daerah yang lancar, memungkinkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. “Kami juga berharap pengiriman komoditas andalan itu bukan hanya lewat Pelabuhan Baubau. Sebab Buton juga teleh memiliki beberapa Pelabuhan seperti Pelabuhan Banabungi dan Lasalimu,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Pj. Bupati Bombana yang memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pj. Bupati Buton yang telah berkunjung ke Bombana dalam rangka penandatanganan MOU perjanjian kerjasama antar daerah denga Kabupaten Bombana.

“Kerjasama antar daerah adalah salah satu upaya konkrit pengendalian inflasi daerah, kesepakatan Pemkab Bombana dan Pemkab Buton dimaksudkan sebagai dasar dalam melakukan kerjasama dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan bertujuan untuk mengoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan pengembangan ekonomi melalui pengendalian inflasi daerah,” pungkas.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini