Pemkab Buton Dapat 735 Kuota Penerimaan CASN

0
204

BUTONNEWS.COM: JAKARTA-Pj. Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si dan Kepala BKPSDM M. Taufik Tombuli, S.Pd., MM menghadiri rakor persiapan pengadaan ASN bertempat di salah satu hotel di Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2023 lalu.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini diikuti Kepala Daerah, Sekretaris Daerah dan Kepala BKPSDM se-Indonesia.

Acara ini dibuka secara resmi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan dihadiri oleh Menpan-RB, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Wakil Menteri Kesehatan RI.

Beberapa hal yang dibahas pada rakor ini antara lain kebijakan pemenuhan ASN, berbagai tantangan dan peluang pengadaan ASN, juga dilaksanakan pembagian Surat Keputusan MENPAN-RB tentang penetapan kebutuhan ASN di lingkungan instansi Pemerintah kepada masing-masing pimpinan instansi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi istansi pemerintah penyelenggara pengadaan ASN tahun 2023 serta pemaparan materi oleh Plt. Kepala BKN dan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dalam laporannya, Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI menyampaikan kebijakan pemenuhan ASN Tahun 2023-2030 mengacu pada sektor pendidikan dan kesehatan dengan pertumbuhan positif (positif growth), tenaga teknis fungsional sesuai bidang prioritas nasional dan potensi kewilayahan dengan skema zero growth atau hanya merekrut pegawai baru untuk menggantikan pegawai yang pensiun.

“Sedangkan untuk tenaga teknis pelaksana menggunakan skema negatif growth atau merekrut pegawai baru lebih sedikit dari jumlah pegawai yang pensiun,” pungkasnya.

Usai Rakor, Pj. Bupati Buton mengungkapkan alhamdulillah dari usulan formasi kebutuhan pegawai ASN Kabupaten Buton Tahun Anggaran 2023 sebanyak 750 kuota PPPK, yang disetujui dan ditetapkan oleh Menpan-RB sebanyak 735 kuota. Dengan rincian 283 Tenaga Guru, 370 Tenaga Kesehatan dan 82 Tenaga Teknis.

“Alhamdulillah sangat bersyukur karena usulan kepada Pak Menpan-RB pada tanggal 18 April 2023 mendapatkan persetujuan dari total usulan 750 hanya 15 yang tidak diterima, sesuai dgn SK Menpan-RB No. 546 Tahun 2023 untuk formasi Kab. Buton Calon pegawai ASN PPPK sebanyak 735 orang, dan sangat berterimakasih permohonan untuk tenaga teknis bisa diterima dengan kuota sebanyak 82 dari yang diusulkan 95 kuota,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Buton.

Pj. Bupati berharap semoga ini menjadi berkah bagi para pencari kerja sebagai ASN di Kabupaten Buton.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini