Ahli Waris Perangkat Desa Terima BPJS Ketenagakerjaan

0
92

BUTONNEWS.COM: BATAUGA–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan menyalurkan jaminan sosial kematian kepada perangkat desa Wariginanda, Kecamatan Sampolawa.

Jaminan sosial merupakan aspek penting dalam perlindungan dan kesejahteraan pekerja di Indonesia khususnya di Kabupaten Buton Selatan. Salah satu program yang ditawarkan program tersebut dirancang untuk memberikan perlindungan keuangan bagi keluarga pekerja yang meninggal dunia.

Jaminan Sosial Kematian di BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan kepada ahli waris pekerja yang meninggal dunia. Santunan ini bertujuan untuk membantu keluarga dalam mengatasi beban finansial yang timbul akibat kehilangan pendapatan utama. Santunan terdiri dari uang tunai serta bantuan pemakaman.

Penyerahan jaminan sosial kematian dilakukan BPJS Ketenagakerjaan kepada keluarga perangkat Desa Watiginanda Kabupaten Buton Selatan. Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Lamaindo, Selasa (12/9/2023).

Hadir Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Baubau, Bobby Harun, Penjabat Bupati Kabupaten Buton Selatan, Laode Budiman SKM, M.MKes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, La Amirudin, para Kepala Desa se-Kabupaten Buton Selatan serta keluarga perangkat Desa Watiginanda yang meninggal dunia.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Baubau, Bobby Harun menuturkan, hingga saat ini total klaim BPJS Ketenagakerjaan diwilayah Kabupaten Buton Selatan sebesar Rp 165 juta. Dimana Rp 84 juta diantaranya merupakan jaminan kematian yang dialami oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Klaim ini merupakan bagian dari jaminan sosial yang diberikan kepada para pekerja atau aparatur desa yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk perangkat Desa Watiginanda yang meninggal dunia diberikan jaminan sosial kematian sebesar Rp 42 juta,” tuturnya dilansir linear.com.

Kata dia, jaminan sosial kematian sebagai salah satu program BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan oleh pekerja atau aparatur desa yang terdaftar sebagai peserta. Program ini dirancang untuk memberikan jaminan pada saat terjadi risiko kematian yang disebabkan oleh kecelakaan kerja wabah penyakit atau faktor lain yang dapat menyebabkan kematian.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Terlebih, program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat memberikan kebebasan finansial dan pengamanan yang lebih baik bagi keluarga yang ditinggalkan,” tambahnya

Sementara itu, Penjabat Bupati Buton Selatan, Laode Budiman, SKM. M.MKes menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk lebih memahami pentingnya memperoleh jaminan sosial ketenagakerjaan. Dimana, hal tersebut merupakan salah satu bentuk perlindungan bagi pekerja atau aparatur desa dalam menghadapi risiko yang mungkin terjadi selama bekerja.

“Dengan adanya penyerahan klaim jaminan sosial kematian kepada keluarga perangkat desa Watiginanda diharapkan dapat memberikan contoh positif kepada masyarakat lainnya untuk memanfaatkan program jaminan sosial ketenagakerjaan yang telah tersedia. Hal ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan perlindungan sosial yang lebih baik untuk semua pekerja dan aparatur desa di Kabupaten Buton Selatan,” singkatnya. (rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini