Rakor Perdana KPU Busel Gelar Evaluasi Bersama Adhoc

0
636

BUTONNEWS.COM: BATAUGA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja, Perencanaan dan Penggunaan Anggaran Badan Ad hoc, Minggu (10/11/23).

Kegiatan yang diikuti seluruh ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se Busel ini dipusatkan di Waburi Park, Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa.

Kegiatan dimulai dengan apel siaga yang di pimpin langsung ketua KPU Busel, Hastun. Hadir pula seluruh komisioner yakni, Suardi Singka, Agusman, Deni Djohan dan Syahril. Dalam arahannya, Hastun menegaskan kepada seluruh penyelenggara badan Ad hoc agar menciptakan Pemilu berintegritas sesuai dengan amanat perundang-undangan.

Usai apel siaga, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan umum evaluasi kinerja PPK dan PPS yang diselingi dengan perkenalan pimpinan komisioner yang baru. Pertemuan antara badan Adhoc dan Komisioner ini merupakan pertemuan perdana sejak para komisioner periode 2023-2028 dilantik pada 28 juni lalu.

“Tidak usah pikirkan soal perpanjangan atau pemberhentian masa kontrak sebagai penyelenggara Pilkada mendatang. Terus kerja, kerja dan kerja. Lakukan yang terbaik sesuai dengan prinsip kode etik pemilu dengan menjunjung tinggi kemandirian dan profesionalitas, maka kami akan mempertahankan jabatan saudara sekalian sebagai penyelenggara badan ad hoc, ” Kata Hastun saat membuka secara resmi kegiatan.

Ia menegaskan, apabila terdapat salah satu penyelenggara adhoc yang terbukti tidak melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik serta enggan mengindahkan amanat kode etik, maka pihaknya tidak segan-segan  memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.
“Ini akan kita lakukan sebagai upaya mewujudkan integritas di setiap tahapan dan proses pemilu,” tegasnya.

Lima Komisioner KPU Busel saat memberikan arahan. Foto IST

Selain para komisioner, kegiatan itu juga dihadiri pihak sekretariat KPU Busel. Diantaranya, Kasubag Hukum dan SDM, Fatma. Kasubag Teknis dan Parmas, Sahuddin. Kasubag Keuangan, Aswan Kasubag Rendatin, Yanti sekaligus bertindak sebagai pelaksana Sekretaris KPU Busel.

Kegiatan di tutup dengan ice breaking dan senam sore bersama. Diakhir Kegiatan ini cukup menarik perhatian warga dan pengunjung. Mereka terlihat antusias dan sangat terhibur.

Tak hanya itu, Kegiatan ini juga berdampak pada gerak ekonomi. Utamanya bagi para pedagang setempat. Jajanan yang ditawarkan laris manis.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan soliditas dan kekompakan antar anggota penyelenggara menghadapi perhelatan penyelenggaraan pemilihan umum yang bakal di gelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Penulis : Anggun
PPK Sampolawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini