Ruang Tunggu Terminal Tipe B Bandar Batauga di Bangun

0
202
Peletakan batu pertama ruang tunggu terminal tipe B di Bandar Batauga. IST

BUTONNEWS. COM: BATAUGA– Pembangunan infrastruktur fasilitas ruang tunggu terminal tipe B pelabuhan rakyat di Bandar Batauga mulai di kerjakan.

Kadishub Provinsi Sulawesi Tenggara Muh. Rajulan bersama Pj. Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Budiman, SKM., M.MKes meletakan batu pertama untuk pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga itu.

Mega proyek strategis yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dengan tujuan meningkatkan layanan dan fasilitas transportasi laut bagi masyarakat setempat. Peletakan batu pertama ini menandai dimulainya tahap konstruksi dari proyek tersebut, beberapa waktu lalu.

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, menyatakan, pentingnya pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga sebagai upaya untuk memperkuat konektivitas antara pulau-pulau di wilayah Buton Selatan dengan pelabuhan utama di daerah tersebut.

Kata Budiman, proyek ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian lokal. Terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga akan menjadi pusat transportasi laut yang modern, representatif dan nyaman bagi masyarakat Buton Selatan.

Menurutnya, dengan adanya terminal ini, diharapkan pelayanan transportasi laut akan semakin efisien dan memudahkan aksesibilitas bagi masyarakat.

Mantan Kadis Kesehatan Busel ini berharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi daerah dengan adanya peningkatan aktivitas perdagangan dan pariwisata. Dalam perencanaan pembangunannya, terminal ini akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti ruang tunggu yang luas, area parkir, serta sarana penunjang lainnya.

“Kabupaten Buton Selatan yang sudah menginjak tahun ke 9, saya optimis akan menjadikan Bandar Batauga menjadi pusat perdagangan dan pusat transaksi perputaran ekonomi yang lebih baik kedepannya,” harapnya.

Tidak jauh dari lokasi pelabuhan Bandar Batauga ini sudah membangun waterfront city serta rumah sakit dan pasar rakyat yang hanya berjarak beberapa meter saja. Ini menjadikan semuanya dapat saling terhubung sehingga aktivitas masyarakat menjadi lancar.

Ia juga meyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses perencanaan dan persiapan proyek ini. Dia berharap kerja sama yang baik antara pemerintah, kontraktor, dan masyarakat akan terus berlanjut untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga.

Dengan peletakan batu pertama ini, harapan besar ditujukan kepada pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga sebagai sarana transportasi laut yang modern dan memadai serta dalam prosesnya semoga berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhamad Rajulan, mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten Buton Selatan dalam membangun infrastruktur pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga yang saat ini telah diletakkan batu pertamanya.

Menurut Rajulan, pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan konektivitas dan pelayanan transportasi laut.

Rajulan juga menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur yang mendukung sektor perhubungan di Buton Selatan.

Ia mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi sangat serius dalam memperbaiki dan mengembangkan sistem transportasi, terutama di sektor maritim. Muhamad Rajulan berharap pembangunan terminal ruang tunggu pelabuhan rakyat Bandar Batauga ini akan menjadi langkah dalam upaya meningkatkan infrastruktur perhubungan di Sulawesi Tenggara secara keseluruhan.

“Saya meminta kepada pemerintah Buton Selatan agar menyiapkan lahan atau tempat dalam waktu dekat ini, yang memungkinkan kita akan membangun terminal lainnya, agar di tahun 2024 kami sudah bisa mengambil langkah selanjutnya untuk mengalokasikan anggaran sekitar Rp 4-5 miliar untuk pembungan terminal tipe B di Buton Selatan, ” ungkapnya.(red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini