Tabrakan Kapal : Satu Meninggal, Satu Dalam Pencarian

0
181
Tim SAR mengevakuasi korban tabrakan kapal di tanjung pamali. IST

BUTONNEWS.COM BATAUGA–Tabrakan kapal terjadi di Tanjung Pamali, di perbatasan Kabupaten Buton dan Busel, Sabtu (21/10/2023). Satu orang dinyatakan meninggal, satu lagi masih dalam pencarian.

Kejadian naas itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wita melibatkan dua kapal KM Sumber Rejeki 03 dengan  POB 6 orang rute Binongko menuju Baubau bertabrakan dengan kapal MV Sami POB 25 orang rute Banjarmasin menuju Maluku.

Akibat dari kejadian tabrakan tersebut salah seorang ABK dari KM Sumber Rejeki 03 tidak berada di kapal pada saat pengecekan dan diduga korban terjatuh ke laut mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan yang parah akibat tabrakan tersebut.

“Pada hari sabtu 21 Oktober 2023 pukul 03.00 Wita kapal KM Sumber Rejeki 03 POB 6 orang rute Binongko menuju Baubau tabrakan dengan kapal MV. Sami POB 25 orang rute Banjarmasin menuju Maluku Utara di tanjung pemali kabupaten Buton, ” Kepala KKP Kendari M Arafah dalam keterangan tertulisnya.

Nahkoda Kapal KM Sumber Rezeki yang tabrakan dengan Kapal MV Sami dinyatakan meninggal dunia usai menjalani perawatan di Puskesmas Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan.

Sementara itu seorang anak buah kapal (ABK) KM Sumber Rezeki 03 yang terjatuh dan hilang di perairan Tanjung Pemali Kabupaten Buton masih dalam pencarian.

M Arafah menjelaskan, pada pukul 06.05 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau tiba di lokasi dan berkoordinasi dengan ABK KM Sumber Rejeki 03. Selanjutnya melakukan pencarian terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari kapal.

Pada pukul 08.20.Wita, mengevakuasi 5 orang ABK Kapal KM Sumber Rejeki 03. Namun pada pukul 09.00 Wita Nakhoda KM Sumber Rejeki 03  Baharudin pingsan dan diberikan RJP (5 Siklus). Namun korban tetap tidak sadarkan diri sehingga diputuskan untuk dievakuasi ke Puskesmas terdekat.

Pada pukul 09.30 Wita tiba di Puskesmas Gerak Makmur untuk mendapatkan penanganan medis dan pada pukul 10.15 Wita Nakhoda KM Sumber Rejeki 03 An. Baharudin dinyatakan meninggal dunia oleh dokter yang bertugas menangani di Puskesmas tersebut.

Pada pukul 10.00 Wita KM Sumber Rejeki 03 tiba di LKK untuk melakukan penarikan terhadap kapal KM Sumber Rejeki 03 menuju Baubau.

Data POB KM Sumber Rejeki 03 adalah:
1. Baharudin/Laki/55tahun/Nakhoda/MD
2. Doni/Laki/35tahun/ABK/Dalam Pencarian
3. Ardi/Laki/58tahun/KKM/Selamat
4. Labili/Laki/57tahun/ABK/Selamat
5. Yasin/Laki/40tahun/ABK/Selamat
6. Muharam/Laki/58tahun/ABK/Selamat

Hingga memasuki pukul 17.30 Wita Sabtu 21 Oktober 2023 pencarian yang dilakukan terhadap 1 orang ABK yang di duga terjatuh dari KM Sumber Rejeki 03 dengan hasil nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali Minggu pagi pukul 06.30 Wita

Unsur yang terlibat dalam proses evakuasi dan pencarian yakni Pos SAR Baubau, ABK RB 210,KSOP Baubau, BPBD Busel, PMI Baubau, Puskesmas Gerak Makmur. (rds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini