Dinsos Busel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

0
102
Upacara pembukaan Porseni tingkat SMPN 2 Batauga yang dipimpin Kepala SMPN 2 Batauga didampingi Guru Pembina Osis Arianto Pasi, SPd. Foto IST

BUTONNEWS.COM: BATAUGA—Kementerian Sosial R.I, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Sentra “ MEOHAI “ Kendari merealisasikan usulan bantuan korban bencana dan kedaruratan (KBK) yang diusulkan oleh Dinas Sosial Buton Selatan.

Sesuai dengan Nomor Surat 400.9.9.2/338 tanggal 26 September 2023 perihal usul bantuan bagi korban bencana kebakaran rumah di wilayah Kabupaten Buton Selatan sebanyak tujuh KK / 27 jiwa dari empat desa di empat Kecamatan, Kabupaten Buton Selatan.

Mereka mendapatkan atensi kluster korban bencana dan kedaruratan (KBK) sebanyak tujuh KK/27 jiwa Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) berupa bantuan Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Adapun dari ke tujuh KK tersebut tersebar di Desa Waonu Kecamatan Kadatua sebanyak 3 KK/10 Jiwa, Kelurahan Lakambau Kecamatan Batauga sebanyak 2 KK/7 Jiwa, Desa Lapara Kecamatan Siompu 1 KK/5 Jiwa dan Desa Hendea Kecamatan Sampolawa 1 KK/5 Jiwa. Penyerahan baantuan tersebut diserahkan secara serentak pada tanggal 5 November 2023 ujar Ahmad Peksos Sentra Meohai Kendari.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Haryadi mengatakan bahwa bantuan KBK tersebut harus dilakukan dengan sistim jemput bola, “Artinya bantuan tersebut tidak datang begitu saja tanpa kami berusaha untuk mencari sumber bantuan yang bisa kami jolok, dan Alhamdulillah kami memiliki Link di Sentra Meohai Kendari, ” ujarnya.

Kata dia, bantuan atensi kluster Korban Bencana dan Kedaruratan (KBK) ini berkolaborasi antara Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dengan Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan. Karena korban bencana dan kedaruratan ranahnya berada di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Namun sumber bantuan atensi tersebut berada di Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial R.I melalui Sentra Meohai Kendari, dan Sentra Meohai Kendari saat ini sudah multi layanan.

Tim Dinsos Busel menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga. Foto IST

Penyerahan bantuan KBK tersebut di bagi ke dalam 3 tim. Yakni tim di Kecamatan Kadatua dipimpin oleh Haryadi, Tim di Kecamatan Batauga dan Sampolawa dipimpin oleh Kabid Linjamsos Musriyadi dan Ahmad dari Sentra Meohai Kendari. Tim Kecamatan Siompu ditugaskan Adi Candra staf Bidang Linjamsos Dinsos Buton Selatan dan dibantu oleh masing-masing TKSK diwilayah terebut.

Masing-masing korban kebakaran memperoleh bantuan berupa beras premiun 50 Kg, kompor hock 22 sumbu, wajan dan sutilnya, dandang kukus, minyak goreng 4 liter, minyak tanah 10 Ltr, telur ayam 2 rak, gula pasir 1 kg, tepung terigu 1 kg, centong nasi dan sendok sayur.

Kepala Dinas Sosial Busel La Salimu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu lancarnya penyerahan bantuan atensi KBK. Utamanya kepada pimpinan sentra Meohai Kendari, Fepi Rubiyanti dan crew-nya yang selama ini telah menjalin kerja sama yang harmonis. Sehingga Kabupaten Buton Selatan selalu masuk dalam radar sentra Meohai Kendari. (adm/hyd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini