Sentra Meohai Kendari Kolaborasi RSJ Kendari, Dinsos-Dinkes Busel Bebas Pasung ODGJ

0
204
Salah seorang ODGJ di Busel bebas pasung dibawa ke RSJ Kendari. FOTO BUTONNEWS. CON

BUTONNEWS.COM: BATAUGA–Menjalang akhir tahun 2023 Dinas Sosial Buton Selatan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Buton Selatan melakukan bebas pasung terhadap 4 (empat) penyandang disabilitas mental Orang Dengan Ganggunan Jiwa (ODGJ).

Hal ini sesuai surat Kementerian Sosial R.I Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Sentra “Meohai” Kendari Nomor 1315/4.35/RH.00.01/12/2023 Tanggal 08 Desember 2023.

Hal pelaksanaan kegiatan bebas pasung, dimana dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2023.

Kementerian Sosial R.I melalui Sentra Meohai Kendari akan melaksanakan kegiatan bebas pasung di Kabupaten Buton Selatan. Sebanyak empat ODGJ, Kabupaten Buton Utara satu ODGJ, dan Kabupaten Muna sebanyak satu ODGJ.

Pembebasan pasung di bagi dalam 2 (dua) tim. Yakni 1 (satu) tim ke Siompu yang dipimpin oleh Nur Alim. Dari Sentra Meohai Kendari dan dari pihak RSJ Kendari dipimpin oleh NS.Budi Sarjito.

Satu tim lagi di wilayah Sampolawa dan Batauga dipimpin Bayu Bagaskoro, dari Sentra Meohai Kendari dan dari RSJ Kendari dipimpin Kori, pada hari Minggu Tanggal 10 Desember 2023.

Hasil kolaborasi antara Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan dapat ditunjukan dengan solidnya tim yang ada di lapangan untuk mendeteksi titik ODGJ yang dipasung di masing-masing Kecamatan. Dengan melibatkan progamer Puskesmas dan tenaga kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Alhamdulillah dalam 1 (satu) pekan kami dapat mengumpulkan BNBA ODGJ yang di pasung sebanyak 6 ODGJ. Namun  yang lolos verifikasi dan validasi serta yang bersedia untuk dirujuk ke RSJ Kendari  hanya 4 (empat) ODGJ, ” ujarnya.

Kadis Sosial Busel Lasalimu menyatakan atas nama pemerintah daerah dan selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak Sentra Meohai Kendari dan RSJ Kendari yang selama ini telah menjalin kerjasama yang baik.  Memperhatikan Kabupaten Buton Selatan untuk memberikan bantuan terhadap masyarakat kami. Semoga jalinan kerja sama yang baik ini terus dapat berlanjut serta berkesinambungan.

Sementara itu Kepala Bidang Rehablitasi Sosial Haryadi mengatakan, kolaborasi antara Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan dalam menangani ODGJ yang dipasung sangat cepat prosesnya. Hal ini ditunjukan bukti adanya keseriusan 2 (dua) institusi Pemerintah Daerah yang keberpihakannya kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Penyandang Disabilitas Mental Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menjadi prioritas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses bebas pasung terhadap ODGJ. Semoga semua yang kita lakukan dapat benilai Ibadah, ” harapnya.

Tim Terpadu Bebas pasung ODGJ terdiri dari, Pekerja Sosial Sentra Meohai Kendari sebanyak 8 Orang, RSJ Kendari 4 Orang, Pihak Dinsos Busel 4 Orang. Dinas Kesehatan 4 Orang termasuk Programer Puskesmas dan dibantu Oleh masimng-masing TKSK. Adapun ke 4 ODGJ berasal dari Kecamatan Batauga 2 ODGJ, Siompu 1 ODGJ dan Gerak Makmur Kecamatan Sampolawa 1 ODGJ.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini