Pj Bupati Busel Teken Kerja Sama Kartu Kredit Pemda Bersama Bank Sultra

0
329
Pj Bupati Busel menandatangani kerja sama bersama Bank Sultra

BUTONNEWS.COM: KENDARI— Penjabat (Pj.) Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, SKM., M.MKes menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Sultra yang merupakan bank milik pemerintah daerah, di Aula kantor Pusat Bank Sultra di Kendari, Jumat (16/2/2024).

Perjanjian tersebut terkait penunjukan Bank Sultra sebagai Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Busel. Kerja sama itu juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Busel

Kerja sama itu juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Busel. Penandatanganan ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. Sehingga kartu kredit pemerintah daerah bisa digunakan sebagaimana mestinya dan Bank Sultra akan terus menjadi bank kebanggaan warga Sultra.

Menurut Pj Bupati Busel La Ode Budiman, menunjuk Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2022 tentang penggunaan kartu kredit pemerintah daerah dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Sebagai upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, perlu diterapkan pembayaran secara non tunai dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan menggunakan fasilitas Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

KKPD adalah Kartu Kredit Pemerintah Daerah yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD. Dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh Bank penerbit Kartu Kredit Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan secara sekaligus.

Bank Sultra senantiasa mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) dan digitalisasi pengelolaan keuangan daerah melalui KKPD. Program ini adalah salah satu solusi dalam meningkatkan keamanan bertransaksi serta mengurangi potensi fraud dari transaksi secara tunai dan mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan.

Pj. Bupati Busel La Ode Budiman, SKM., M.MKes, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Sultra yang merupakan bank milik pemerintah daerah terkait penunjukan Bank Sultra sebagai Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Busel, didampingi langsung, Pj. Sekda Buton Selatan, La Hardin, S.Pd., MM.

Turut hadir Kepala BPKAD Buton Selatan, La Ode Karman, SE., M.Si, Pihak Bank Sultra ditandatangani, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, S.Pi., MM dan juga turut hadir Direktur Kepatuhan Hariyanto, SE, Direktur Umum Ronal Siahaan, SE, Kepala Cabang Pembantu (Kacapem) Batauga Yasni Hamaruddin Ode dan Kepala Divisi Dana & Jasa Roni Jaya Lakebo. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini